CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 06 September 2012

metode ilmiah


                                                                Metode ilmiah
                                      Scientific method
Metode ilmiah adalah suatu cara pemecahan masalah dengan langkah-langkah tertentu dan teratur.Langkah-langkah dalam metode ilmiah meliputi merumuskan masalah,melakukan observasi,menyusun hipotesis,melakukan eksperimen,dan menarik kesimpulan.

Merumuskan masalah
Formulating problems
Permasalahan merupakan pertanyaan ilmiah yg harus diselesaiakan.Permasalahan dinyatakan dalam pertanyaan terbuka,yaitu pertanyaan dengan jawaban berupa suatu pernyataan,bukan jawaban ya atau tidak.Contoh,bagaimana cara  membuat tempe?mengapa deterjan dapat  membahayakan kelangsungan hidup ikan di sungai?Dalam merumuskan masalah usahakan agar batasnya jelas dan tidak terlalu luas.Pilihlah permasalahan yg menarik dan penting untuk diteliti.

Melakukan observasi awal
Conducting preliminary observation
Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengumpulkan informasi segala sesuatu yg berhubungan dengan permasalahan tersebut.Caranya dapat melalui pengalaman,berbagai sumber ilmu pengetahuan,berkonsultasi dengan ahli,dan membaca semua referansi yg berkaitan.

Membuat hipotesis
Arranging hypothsis
Hipotesis merupakan suatu ida atau dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yg diajukan dalam penelitian ilmiah.Hipotesis dirumuskan atau dinyatakan  sebelum penelitian ilmiah dilaksanakan.Hipotesis ini diperoleh setelah kamu mendapatkan informasi dari melakukan observasi awal.Yang perlu kamu ingat,jika menurut hasil pengujian ternyata hipotesis tidak benar,bukan berarti penelitian yg kamu lakukan tersebut salah.

Melaksanakan  eksperimen
Conducting experiment
Eksperimen dirancang dan dilaksanakan untuk menguji hipotesis yg diajukan.Saat melakukan eksperimen kamu  harus memperhitungkan semua variabel yg mempengaruhi eksperimen. Usahakan selama eksperimen bebas!Agar hasilnya baik,lakukan pengulangan (replikasi).
Menarik kesimpulan
Taking conclusions
Kesimpulan merupakan hasil yg menyatakan hubungan antara eksperimen dengan hipotesis.Kesimpulan yg diperoleh dapat sesuai dengan hipotesis,tetapi dapat juga bertentangan dengan hipotesis.Jika kesimpulan sama dengan hipotesis maka kamu dapat membrikan pemikiran untuk penelitian lebih lanjut.Namun,seandainya hipotesis yg kamu buat tidak sesuai dengan kesimpulan yg kamu peroleh,jangan pernah mengubah data yg kamu dapatkan!Apabila kamu memiliki waktu yg cukup,lebih baik lakukan eksperimen sekali lagi.Jika tidak,kamu dapat memberikan alasan yg logis mengapa tidak sesuai.Kamu juga dapat memberikan cara-cara yg mungkin dilakukan selanjutnya untuk menemukan penyebab ketidaksesuaian         


0 komentar:

Posting Komentar